Dorong Masyarakat lanjut kuliah tingkatkan kompetensi, Kemendikbud Ristek buka program akses khusus kualifikasi S1 hingga S2

Dorong Masyarakat lanjut kuliah tingkatkan kompetensi, Kemendikbud Ristek buka program akses khusus kualifikasi S1 hingga S2
Prosesi Wisuda Strata satu

JAKARTA. Tahun 2021 Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud Ristek melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan pada tahun 2021 mengadakan Program Bantuan Pemerintah Penyelenggaraan Rekognisi Pembelajaran Lampau Tipe A2 (PBPP-RPL Tipe A2). individu yang tidak sempat menyelesaikan pendidikan baik jenjang diploma, sarjana, magister dan sudah bekerja dapat melanjutkan pendidikan lagi.Hal ini disampaikan Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Aris Junaidi Jum’at (23/7/2021) yang dirangkum dalam laman belmawa Kemendikbud Ristek .

Guna meningkatkan akses pendidikan tinggi bagi masyarakat yang sempat putus kuliah , program ini diharapkan bisa membantu masyarakat untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing di dunia kerja dan mendapatkan penghasilan lebih baik.

 “Harapannya dengan adanya program ini, bagi individu yang tidak sempat menyelesaikan pendidikan (diploma, sarjana, magister) dan sudah bekerja dapat melanjutkan pendidikan lagi dan terdorong untuk terus belajar sepanjang hayat melalui pendidikan formal di jenjang pendidikan tinggi, ” ucap Aris seperti dirangkum dari laman Dikti, Jumat (23/7/2021). Nantinya, lanjut dia, semua yang sudah dicapai dapat diakui sebagai kredit, termasuk ketika sudah bekerja maka pengalamannya dapat diakui sebagai kredit, sehingga ketika masuk kembali ke pendidikan formal, capaian dan kredit tersebut dapat diakui sehingga tidak perlu lagi mengulang dari awal.

Syarat daftar Program RPL Dijelaskan, Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) adalah pengakuan atas Capaian Pembelajaran (CP) seseorang yang diperoleh melalui pendidikan formal, nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja ke dalam pendidikan formal. Program bantuan ini adalah upaya pemerintah mendorong perguruan tinggi untuk memberikan kesempatan atau akses kepada masyarakat selaku calon mahasiswa yang telah memiliki Capaian Pembelajaran atau kompetensi yang diperoleh dari pendidikan formal sebelumnya, pendidikan nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.RPL memungkinkan calon mahasiswa tidak perlu lagi mengambil seluruh SKS pada program studi yang diminati. Serta akan diberikan bantuan subsidi biaya kuliah selama satu semester guna memperoleh kredit akademik melalui RPL.

Program ini juga nantinya dapat memberi kesempatan kepada perguruan tinggi untuk menyelenggarakan RPL guna peningkatan akses mengikuti pendidikan tinggi bagi masyarakat melalui RPL. Program RPL sendiri diklasifikasi menjadi dua yaitu sarjana dan magister. Calon peserta dapat berasal dari anggota masyarakat lulusan SMA/sederajat atau yang dulu pernah kuliah di program diploma, sarjana, atau magister tetapi karena alasan tertentu tidak sempat menyelesaikannya dan telah bekerja paling tidak selama 2 tahun.

“Untuk sarjana dapat berasal dari masyarakat lulusan SMA/Sederajat atau pernah kuliah dan sudah memiliki pengalaman kerja paling tidak 2 tahun atau setidaknya memiliki sertifikasi pelatihan yang jelas. Sedangkan bagi magister merupakan masyarakat yang sudah lulus sarjana atau pernah kuliah magister namun tidak selesai akan tetapi memiliki pengalaman kerja atau memiliki pelatihan bersertifikat yang jelas dapat mengikuti program RPL ini dengan bantuan subsidi selama 1 semester, ” terang Aris.

WARTAKESEHATAN.CO.ID
market.biz.id WARTAKESEHATAN.CO.ID
20% Rp 125.000
Beli sekarang!

Pada tahun 2021 ini terdapat 63 (enam puluh tiga) perguruan tinggi negeri dan swasta penyelenggara program RPL ini. Sebanyak 453 program studi (prodi) dapat dipilih sesuai dengan bidang masing-masing. Untuk informasi pendaftaran dan daftar perguruan tinggi dan prodi penyelenggara, peminat dapat mengakses tautan rpla.kemdikbud.go.id. (**)

Faizal Ansyori

Faizal Ansyori

Artikel Sebelumnya

Perkuat Pendidikan Karakter siswa , Komnasdik...

Artikel Berikutnya

Cukupi Kebutuhan Tenaga Kesehatan Untuk...

Berita terkait

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Afrizal

Afrizal verified

Postingan Bulan ini: 486

Postingan Tahun ini: 1854

Registered: May 25, 2021

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi verified

Postingan Bulan ini: 461

Postingan Tahun ini: 2417

Registered: Apr 8, 2021

Indra Gunawan

Indra Gunawan verified

Postingan Bulan ini: 178

Postingan Tahun ini: 662

Registered: Nov 15, 2021

KODIM SURABAYA TIMUR

KODIM SURABAYA TIMUR verified

Postingan Bulan ini: 148

Postingan Tahun ini: 554

Registered: Oct 4, 2021

Profle

Narsono Son verified

Cegah Penebangan Liar, Bhabinkamtibmas Desa Boak Lakukan Patroli Gabungan
Kembali 3 terduga Tindak Pidana Narkotika Diamankan Satresnarkoba Polresta Mataram
Ombudsman RI Ganjar Kemenkumham Penghargaan Soal Kepatuhan 
Tidak Menggunakan Pawang Hujan Saat Formula E, HMPI Jakarta: Itu Bukti Menghargai Ilmu Pengetahuan

Rekomendasi

Jokowi ke Rusia dan Ukraina, Pakar HI UNAIR: Itu Kepentingan Indonesia untuk G20
Tingkatkan Kualitas Pemasaran UMKM, Kelompok 140 KKN T UPNVJT Lakukan Inovasi Branding
Beri Penghormatan ke TMP Kalibata, Kapolri Lanjutkan Semangat Pahlawan Wujudkan Indonesia Emas
Bahas Tantangan Perguruan Tinggi, UNAIR Gelar Diskusi Bersama Rektor ITB
Dorong Kreativitas, Desain Interior ITS Unjuk Pameran Tugas Akhir

Ikuti Kami